REKRUTMEN TENAGA PENDAMPING DESA TAHUN 2017

Posted by INFO LOWONGAN KERJA 2017 on Tuesday, January 10, 2017

REKRUTMEN TENAGA PENDAMPING DESA TAHUN 2017
Berikut ini kumpulan berita terkait Rekrutmen Tenaga Pendamping Tahun 2017.

INI PERSYARATAN TENAGA PENDAMPING LOKAL DESA 2017

Bagi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, yang tertarik menjadi tenaga pendamping lokal desa tahun 2017, segera mempersiapkan diri dan persyaratan mulai sekarang. Sejumlah persyaratan harus segera dipersiapkan.



"Ada beberapa persayaratan untuk mengikuti seleksi tenaga pendamping lokal desa. Sebaiknya dari sekarang dipersiapkan bagi masyarakat yang berminat. Syarat pelamar harus pengalaman di pemerintahan minimal dua tahun untuk kelembagaan dan organisasi. Selain itu pendidikan minimal SLTA," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Usah Ekonomi dan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Roomhendi, di Pangkalan Bun, Rabu (5/4/2017).




Ia membeberkan persyaratan lainnya di antaranya memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengorganisasi pelaksanaan program dan kegiatan di Desa. Kemudian memiliki pengalaman dalam pengembangan kapasitas, kaderisasi dan pengorganisasian masyarakat. 

REKRUTMEN TENAGA PENDAMPING DESA TAHUN 2017 / 2018


Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Desa. Lalu mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan. "Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah Desa," katanya.

Selain itu pelamar harus mampu mengoperasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet, Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas. Pada saat mendaftar usia minimal 25 tahun dan maksimal 45 tahun.

"Terakhir tidak boleh menjadi pengurus partai politik manapun atau terlibat dalam kegiatan politik yang dapat mengganggu kinerja."

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kobar meminta masyarakat ikut seleksi tenaga pendamping. Melalui seleksi online, masyarakat yang memiliki pengalaman minimal dua tahun berorganisasi di desanya berpeluang menjadi tenaga pendamping tahun 2017.

"Kami mengajak kepada masyarakat Kobar untuk ikut seleksi tenaga pendamping, melalui pendaftaran online. Untuk jadwalnya kami masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pusat," kata Roomhendi.

Saat ini jumlah tenaga pendamping lokal desa, tenaga pendamping desa, dan tenaga pendamping profesional di Kobar masih kurang. Jumlahnya hanya 18 orang dari jumlah idealnya 31 orang. 

"Untuk penerimaan tahun ini sudah didelegasikan ke satker provinsi, tahun lalu kan masih pusat yang menentukan. Antara September atau Oktober penerimaan dibuka," katanya.

Ia menilai penambahan jumlah tenaga pendamping di Kobar penting. Pasalnya, tenaga pendamping lokal desa yang bekerja mendampingi tiga sampai empat desa. Sebab tahun ini ada penerpan sistem keuangan desa berbasis aplikasi, kemudian pelaporan aset desa berbasis aplikasi desa, sehingga bidang pekerjaan bertambah. (http://www.borneonews.co.id)



SELEKSI APRIL DITUNDA, PENERIMAAN 281 PENDAMPING DESA SULTRA TUNGGU JUKNIS

Warga Sultra yang menantikan seleksi pendamping desa tahun ini harus bersabar dulu. Pasalnya agenda penerimaan yang dijadwalkan April ini tertunda. Alasannya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi belum menerbitkan petunjuk teknis sebagai payung hukum proses seleksi. Tanpa itu, seleksi tak bisa digelar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sultra, Tasman Taewa mengatakan daerah tidak bisa membuat juknis sendiri untuk pendamping desa itu. “Saya belum bisa berkomentar terlalu jauh, karena belum ada juknis dari pusat,” ujar Tasman Taewa, Rabu (5/4).


Selain karena juknis itu, anggaran penyelenggaraan seleksi juga belum turun. Padahal, pusat sudah memerintahkan daerah untuk mengusulkan kuota kekurangan pengawas pengelolaan dana desa itu. “Anggaran juga kita masih tunggu dari pusat. Intinya kita ini bergantung pusat,” ungkap mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra ini. (http://kendaripos.fajar.co.id)



KALTIM AJUKAN PENAMBAHAN PENDAMPING DESA UNTUK TAHUN 2017


Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah mengajukan surat permohonan kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk menambah jumlah pendamping desa, mengingat kuota yang ada baru terpenuhi sekitar 34 persen.

"Dari kebutuhan pendamping desa yang seharusnya 478 orang, saat ini yang terpenuhi baru sebanyak 163 orang," ujar Kepala Bidang Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim Musa Ibrahim di Samarinda, Rabu.

Ia belum bisa memastikan kapan Kemendes PDTT menyetujui sekaligus merealisasikan perekrutan pendamping desa baru, tetapi diharapkan pada Mei 2017 sudah bisa dilakukan perekrutan karena saat ini mulai dilakukan pencairan dana desa.

Ketika dana desa sudah masuk ke rekening desa, lanjut Musa, maka sangat dibutuhkan pendampingan dalam penggunaannya, karena jika tidak dilakukan pendampingan yang optimal dikhawatirkan bisa terjadi penyelewengan atau tidak tepat sasaran dalam pemanfaatannya.

Sesuai Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 4 Tahun 2017, jelas Musa, penggunaan dana desa diprioritaskan untuk empat kegiatan, yakni bidang BUMDesa atau BUMDesa Bersama, embung, produk unggulan desa atau kawasan perdesaan, dan bidang sarana olahraga skala desa.

Permendes PDTT tersebut merupakan perubahan atas Permendes Nomor 22 Tahun 2016 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2016.

Sedangkan rincian pendamping desa yang masih kurang itu adalah dari 38 kebutuhan tenaga ahli untuk ditempatkan pada tujuh kabupaten, jumlah yang sudah direkrut sebanyak 21 orang, sehingga masih kurang 17 orang lagi.

Kemudian dari kebutuhan pendamping desa sebanyak 202 orang untuk ditempatkan di 83 kecamatan, jumlah yang ada baru 54 orang, sehingga masih kurang 148 orang.

Sementara dari kebutuhan pendamping lokal desa sebanyak 238 orang untuk disebar ke 841 desa, saat ini baru terdapat 88 orang dan perlu tambahan 150 orang.

"Ini berarti total kekurangan pendamping mencapai 315 orang. Jika semua pendamping mulai tingkat kabupaten hingga lokal desa terpenuhi, tentu dapat optimal mengawal dana desa yang pemanfaatannya di samping berbasis kebutuhan desa, juga diselaraskan dengan prioritas program nasional dan program pembangunan daerah," ujar Musa (Antara)

Tag: Rekrutmen Tenaga Pendamping Desa Tahun 2017/2018, Penerimaan Tenaga Pendamping Desa Tahun 2017/2018



= Baca Juga =





PENTING!!!

Redaksi hanya memuat informasi lowongan kerja. Kami tidak bertanggungjawab atas penipuan dan lain-lain, Jadi anda harus jeli dan peka terhadap segala macam penipuan dalam bentuk lowongan kerja. selamat mencari kerja di Info Lowongan Kerja semoga sukses.

Blog, Updated at: 9:42 AM

4 komentar:

  1. untuk pendampingan desa kabupaten mana ini pak

    ReplyDelete
  2. untuk pendampingan desa kabupaten mana ini pak

    ReplyDelete

Search This Blog

------------------------------

----------------------------

LOWONGAN KERJA TERBARU

CB