lowongan kerja
REKRUTMEN CPNS MELALUI PENERIMAAN CALON PRAJA IPDN TAHUN 2017
Institut Pemerintahan Dalam
Negeri (IPDN) adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam
lingkungan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, yang bertujuan
mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.
Alamat kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN): Jalan Ir. Soekarno KM
20, Desa Cibeusi, Jatinangor, Cibeusi, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa
Barat 45363. Selain itu IPDN memiliki Kampus di daerah seperti di Sumatra
Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, NTB, Papua, Kalimantan Barat dan Riau.
Kampus IPDN di daerah
tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2009 tentang
Organisasi dan Tata Kerja IPDN ditetapkan: Kampus IPDN Manado, Kampus IPDN
Kampus Makassar, Kampus IPDN Pekanbaru, dan Kampus IPDN Bukittinggi, yang selanjutnya
berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 892.1¬829 Tahun 2009
ditetapkan lokasi pembangunan kampus IPDN di daerah yaitu: di Kabupaten
Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan,
di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, dan di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera
Barat, serta pada saat ini sedang dipersiapkan pengembangan Kampus IPDN di
Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat, Kampus IPDN di Mataram di Provinsi Nusa
Tenggara Barat dan Kampus IPDN di Jayapura Provinsi Papua.
I. Persyaratan Pendaftaran
1.
Persyaratan
Umum:
a.
|
Warga Negara
Indonesia;
|
b.
|
Usia peserta seleksi
minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada
saat pembukaan pendidikan IPDN tanggal 1 September 2017.
|
c.
|
Tinggi badan pendaftar
bagi pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm.
|
2.
Persyaratan
Administrasi:
a.
|
Berijazah
serendah-rendahnya Sekolah Menengah Atas (SMA) atauMadrasah Aliyah (MA)
termasuk lulusan paket C dengan ketentuan:
|
1) Nilai rata-rata
Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) bagi
pendaftar lulusan 2014 s.d 2017;
|
|
2) Khusus bagi
Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat
Belajar (STTB) minimal 6,50 (enam koma lima nol) tahun kelulusan 2014 s.d
2017.
|
|
b.
|
KTP bagi peserta yang
berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki
KTP. Bagi yang belum memiliki KTP atau KK menggunakan Surat Keterangan
Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP dengan NIK yang sama saat
mendaftar pada website http://www.panselnas.id
|
c.
|
Surat keterangan
Kepala Sekolah masing-masing sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA
kelas 3 Tahun Ajaran 2016/2017;
|
d.
|
Surat
elektronik/e-mail yang masih aktif;
|
e.
|
Pas photo.
|
3.
Persyaratan
Khusus:
a.
|
Tidak sedang menjalani
atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
|
b.
|
Tidak ditindik atau
bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi pendaftar pria,
kecuali karena ketentuan agama/adat;
|
c.
|
Tidak bertato atau
bekas tato;
|
d.
|
Tidak menggunakan
kacamata/lensa kontak;
|
e.
|
Belum pernah
menikah/kawin, bagi pendaftar wanita belum pernah hamil/melahirkan;
|
f.
|
Belum pernah
diberhentikan sebagai praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya secara tidak
hormat;
|
g.
|
Apabila pendaftar
dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebagai Praja IPDN, maka pendaftar:
|
1) Bersedia untuk
tidak Menikah/Kawin selama mengikuti pendidikan;
|
|
2) Bersedia diangkat
menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik
Indonesia;
|
|
3) Bersedia
ditempatkan pada seluruh kampus IPDN;
|
|
4) Bersedia mentaati
segala Peraturan yang berlaku di IPDN;
|
|
5) Bersedia
diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan tindakan kriminal,
mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian,
pemukulan, pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan
seksual.
|
|
h.
|
Bersedia dikembalikan
ke daerah masing-masing tanpa biaya IPDN apabila terbukti melakukan pemalsuan
identitas/dokumen atau tidak memenuhi persyaratan pendaftaran di atas.
|
i.
|
Tata cara dan teknis pengisian
persyaratan administrasi secara lengkap dapat dipelajari melalui video
tutorial pada webiste http://spcp.ipdn.ac.id
|
II. Mekanisme Pendaftaran
1.
|
Pendaftaran penerimaan
Calon Praja IPDN Tahun 2017 dilakukan bersamaan dengan pendaftaran
Mahasiswa/Taruna Perguruan Tinggi Kedinasan secara terpusat dan Online
melalui website resmi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Kementerian
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ke portal http://www.panselnas.id sampai
dengan pendaftar memperoleh User ID (NIK) dan password dari Panselnas melalui
e-mail pendaftar.
|
2.
|
Selanjutnya pendaftar
melakukan login dengan menggunakan password yang diperoleh dari Panselnas ke
website resmi Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN Tahun 2017 ke http://spcp.ipdn.ac.id untuk:
|
a. Mengisi biodata
Calon Peserta Seleksi;
|
|
b. Mengunggah Scanning
dokumen sebagai berikut:
|
|
1)
KTP asli bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga bagi
yang belum memiliki KTP (dengan format jpg maksimum 1 MB);
|
|
2)
Ijazah/STTB asli atau photocopy yang dilegalisasi (diunggah halaman depan dan
belakang dengan format pdf maksimum 1 MB);
|
|
3)
Surat keterangan asli berstempel sebagai peserta Ujian Nasional bagi
siswa SMA/MA kelas 3 Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditandatangani
Kepala Sekolah atau pejabat berwenang;
|
|
4.
Pasphoto berwarna (tidak hitam putih) menghadap kedepan, tampak muka, tidak
memakai kacamata. Ukuran foto 4x6 cm (400x600 pixel), maksimal
500 KB minimal 300KB dengan format jpg.
|
|
c. Antara dokumen KTP
atau KK dan Ijazah/STTB mencantumkan data yang sama untuk nama dan tempat
tangal lahir;
|
|
d. Mencetak bukti
registrasi;
|
|
3.
|
Apabila pendaftar
tidak memenuhi ketentuan persyaratan administrasi pendaftaran diatas maka
pendaftar dinyatakan gugur.
|
JADWAL SELEKSI PENERIMAAN CALON PRAJA IPDN 2017
NO
|
URAIAN
KEGIATAN
|
TANGGAL
|
TEMPAT
|
1.
|
Pendaftaran Online Calon Peserta
Pendidikan Kedinasan
|
9
- 31 Maret 2017
|
Website KEMENPAN-RB (http://www.panselnas.id)
|
2.
|
Upload Dokumen Persyaratan dan
Seleksi Administrasi Calon Praja IPDN
|
9
Maret - 7 April 2017
|
Website SPCP IPDN (http://spcp.ipdn.ac.id)
|
3.
|
Pengumuman Online Lulus Hasil
Seleksi Administrasi
|
12
April 2017
|
Website SPCP IPDN
|
4.
|
Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar
|
17
- 22 April 2017
|
Ibukota Provinsi
|
5.
|
Pengumuman Hasil TKD
|
29
April 2017
|
Website IPDN
|
6.
|
Pelaksanaan Tes Kesehatan Daerah
|
17
- 20 Mei 2017
|
Ibukota Provinsi
|
7.
|
Pengumuman Hasil Tes Kesehatan
Daerah
|
29
Mei 2017
|
Website IPDN
|
8.
|
Pelaksanaan Tes Psikologi,
Integritas dan Kejujuran
|
11
- 13 Juli 2017
|
Ibukota Provinsi
|
9.
|
Pengumuman Hasil Tes Psikologi,
Integritas dan Kejujuran
|
19
Juli 2017
|
Website IPDN
|
10.
|
Penerimaan Peserta Pantukhir dan
Verifikasi Faktual Dokumen
|
9
- 12 Agustus 2017
|
IPDN Jatinangor
|
11.
|
Pengumuman Hasil Verifikasi
Faktual Dokumen
|
14
Agustus 2017
|
|
12.
|
Tes Kesehatan Pusat
|
15
- 21 Agustus 2017
|
|
13.
|
Tes Kesamaptaan
|
16
- 22 Agustus 2017
|
|
14.
|
Tes Wawancara
|
23
- 25 Agustus 2017
|
|
15.
|
Pengumuman Hasil Pantukhir
(Kesehatan, Kesamaptaan dan Wawancara)
|
27
Agustus 2017
|
PENTING :
1.
PENDAFTARAN
PESERTA SECARA ELEKTRONIK : Untuk
melakukan pendaftaran secara elektronik, calon peserta seleksi wajib
mempersiapkan:
o Alamat E-Mail (surat elektronik) yang masih
berlaku;
o NIK (Nomor Induk Kependudukan) calon peserta
seleksi, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga yang
tercantum dalam Kartu Keluarga;
o Data-data lainnya yang ditentukan oleh
masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas (dapat dilihat di menu Unduh).
2.
PENDAFTARAN
DUA TAHAP : Pendaftaran awal
di Portal PANSELNAS (www.panselnas.id)
dilanjutkan dengan pendaftaran di portal masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan
Dinas yang dipilih oleh peserta.
3.
PENDAFTARAN
HANYA DI SALAH SATU LEMBAGA/SEKOLAH IKATAN DINAS: Calon peserta seleksi diberikan kesempatan
untuk mendaftar hanya di salah satu instansi sesuai dengan pilihannya. Pilihan
tersebut tidak dapat diubah dengan alasan apapun. Oleh karena itu, pertimbangkan
benar-benar sebelum melakukan proses pendaftaran.
4.
SELEKSI
: Seleksi/tes
dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted
Test) dan selanjutnya terdapat seleksi/tes lainnya yang
ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas.
5.
PENGISIAN
DATA: Semua
informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran harus
berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
Apabila tidak benar, yang bersangkutan dapat dinyatakan gugur dan tidak
akan diproses lebih lanjut.
6.
PERSYARATAN
KHUSUS/TAMBAHAN: Masing-masing
Kementerian/Lembaga yang memiliki Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas mempunyai
persyaratan khusus. Untuk itu, harap calon peserta seleksi membaca secara
cermat dan teliti sebelum memutuskan mendaftar / memilih salah satu Lembaga /
Sekolah Ikatan Dinas.
Baca Juga Info Lainnya:
1. Informasi Pendaftaran Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2017/2018 (Klikdisini)
2. Informasi Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Statistik STIS (Klik disini)
3. Informasi Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara STSN. Tahun 2017/2018 (Klik disini)
4. Informasi Pendaftaran Akademi Imigrasi (AIM) Tahun 2017/2018, (Klik disini)
5. Informasi Pendaftaran Akademi ilmu pemasyarakatan (AKIP), Tahun 2017/2018 (Klik disini)
6. Informasi Pendaftaran Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) Tahun 2017/2018 (Klik Disini)
7 Informasi Pendaftaran Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun 2017/2018 (Klikdisini)
8. Informasi Pendaftaran Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau (STTD) Kementerian Perhubungan Tahun 2017/2018 (Klik disini)
9. informasi Pendaftaran Sekolah Tinggi Intelejen Negara STIN, Klik Disini
PENTING!!!
Redaksi hanya memuat informasi lowongan kerja. Kami tidak
bertanggungjawab atas penipuan dan lain-lain, Jadi anda harus jeli dan peka
terhadap segala macam penipuan dalam bentuk lowongan kerja. selamat mencari
kerja di Info Lowongan Kerja semoga sukses.
No comments