REKRUTMEN DOSEN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI) TAHUN 2020

 Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin. Semula bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan. Beberapa alasan didirikannya PTPG antara lain: Pertama, setelah Indonesia mencapai kemerdekaannya, bangsa Indonesia sangat haus pendidikan. Kedua, perlunya disiapkan guru yang bermutu dan bertaraf universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang akan merintis terwujudnya masyarakat yang sejahtera.


Gedung utama UPI bermula dari puing sebuah villa yang bernama Villa Isola, merupakan gedung bekas peninggalan masa sebelum Perang Dunia II. (Pada masa perjuangan melawan penjajah, gedung ini pernah dijadikan markas para pejuang kemerdekaan). Puing puing itu dibangun kembali dan kemudian menjelma menjadi sebuah gedung bernama Bumi Siliwangi yang megah dengan gaya arsitekturnya yang asli.

Di sinilah untuk pertama kalinya para pemuda mendapat gemblengan pendidikan guru pada tingkat universitas, sebagai realisasi Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nomor 35742 tanggal 1 September 1954 tentang pendirian PTPG/Perguruan Tinggi Pendidikan Guru).

Sejalan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No. 40718/S pada waktu itu, yang menyatakan bahwa PTPG dapat berdiri sendiri menjadi perguruan tinggi atau perguruan tinggi dalam universitas, maka seiring dengan berdirinya Universitas Padjadjaran (UNPAD), pada tanggal 25 November 1958 PTPG diintegrasikan menjadi fakultas utama Universitas Padjadjaran dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Untuk memantapkan sistem pengadaan tenaga guru dan tenaga kependidikan, berbagai kursus yang ada pada waktu itu, yaitu pendidikan guru B I dan B II, diintegrasikan ke dalam FKIP melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 1961. Selanjutnya FKIP berkembang menjadi FKIP A dan FKIP B. Pada saat yang sama, berdiri pula Institut Pendidikan Guru (IPG), yang mengakibatkan adanya dualisme dalam lembaga pendidikan guru. Untuk menghilangkan dualisme tersebut, pada tanggal 1 Mei 1963 dikeluarkan Keputusan Presiden Nomor 1 tahun 1963, yang melebur FKIP dan IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) sebagai satu satunya lembaga pendidikan guru tingkat universitas. FKIP A/FKIP B dan IPG yang ada di Bandung akhirnya menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandung (IKIP Bandung).

Seiring dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan tinggi yang memberikan perluasan mandat bagi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang harus mampu mengikuti tuntutan perubahan serta mengantisipasi segala kemungkinan dimasa datang , IKIP Bandung diubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia melalui Keputusan Presiden RI No. 124 tahun 1999 tertanggal 7 Oktober 1999.

Untuk memperluas jangkauan dalam mendukung pembangunan nasional, UPI harus mampu berdiri sendiri dan berkiprah. Kebulatan tekad ini menumbuhkan keyakinan akan kemampuan yang telah dimilikinya. Mulai tahun 2004, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2004, UPI diberi otonomi dan menjadi perguruan tinggi BHMN. Pada tahun 2012, status UPI dikembalikan menjadi perguruan tinggi negeri (bahasa resmi: perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2012.

Pada tahun 2020 ini, Universitas Pendidikan Indonesia memberikan kesempatan kepada Putra Putri terbaik bangsa untuk mengabdi kepada Negara sebagai Dosen Tetap Universitas Pendidikan Indonesia.


 REKTUTMEN DOSEN TETAP UPI BANDUNG JALUR UMUM TAHUN 2020

Dibuka Rekrutmen Calon Dosen Tetap Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jalur Umum Tahun 2020. Universitas Pendidikan Indonesia membuka kesempatan menjadi Calon Dosen Tetap Jalur Umum Tahun 2020 dengan ketentuan persyaratan pelamar,  kuota atau formasi, dan jadwal pendaftaran sebagai berikut.

Persyaratan pelamar dalam Rekrutmen Calon Dosen Tetap Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jalur Umum Tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Persyaratan Umum sebagai berikut:
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
b. setia kepada Pancasila Undang-Undang Dasar 1945, dan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia;
c. sehat jasmani  dan rohani, bebas narkotika psikotropika, dan zat adiktif (NAPZA);
d. tidak sedang menjalani hukuman karena melakukan tindak pidana berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap.
e. berkewarganagaraan Indonesia.

2. Persyaratan l(husus sebagai berikut:
a. usia paling tinggi 35 tahun (S2) dm 40 tahun (S3);
b. memiliki ijazah sekurang-kurangrya S2 (magister/master) dari Program Studi dan Perguruan Tinggr terakreditasi  serendah-rendahnya B pada saat lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) serendah-rendahnya  3,00;
c. bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri harus menyertakan surat keputusan penyetaraan ijazah dari instansi yang berwenang;
d. memiliki Sertifikat TOEFL dengan skor serendah-rendahnya 500 dari lembaga yang berwenang, bagi yang memilih formasi Pendidikan Bahasa Inggris harus memiliki skor TOEFL serendah-rendahnya 550;
e. merniliki publikasi sekurang-kurangnya  1 (satu) artikel yang dimuat di jurnal ilmiah/ buku ber-ISBN;
f.  Persyaratan lain sebagai berikut:
1) Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
2) Tidak terikat kontrak kerja dengan instansi lain;
3) Sanggup untuk rnenerbitkan publikasi ilmiah  yang dimuat dalam jurnal internasional terindeks scopus, paling sedikit 2 (dua) artikel setiap rentang 4 tahun;
4) Bersedia mematuhi Aturan yang berlaku di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia;  dan
5) Tidak akan mengundurkan diri dalam waktu sekurang-kuranguya  10 (sepuluh) tahun setelah ditetapkan menjadi Pegawai Tetap .

Selengkapnya silahkan baca jumlah formasi, jadwal pendaftaran, dan tata cara pendaftaran dalam Rekrutmen Calon Dosen Tetap Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jalur Umum Tahun 2020 melaui pengumuman di bawah ini.




Demikian informasi tentang Rekrutmen Calon Dosen Tetap Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jalur Umum Tahun 2020. Semoga bermanfaat, terima kasih.



No comments

Theme images by molotovcoketail. Powered by Blogger.